Membuat animasi huruf dengan Photoshop


Disela kesibukan dan mungkin saya sudah lama ga update kali ini akan coba posting artikel Cara Membuat Animasi Huruf Dengan Photoshop. Mudah-mudahan saja ada manfa’atnya . . . Teman-teman ternyata software sebagai andalan kaum Digital Printing ini, atau yang lebih dikenal dengan nama Photoshop, bisa membuat sebuah animasi format .gif . . . yaaa lumayan susah-susah gampang sich membuatnya. Animasi huruf yang saya contohkan adalah animasi huruf sederhana saja agar ga terlalu sulit dalam membuat artikelnya . . . dan mudah dimengerti oleh pemula . . . (alasan saja :( ). Selanjutnya saya serahkan sama teman-teman untuk lebih mengembangkannya lagi dalam hal design grafic’nya.
oke langsung bahas gan . . .
Pertama tentunya buka dulu Program Photoshop’nya . . . Yang saya pakai Photoshop CS3 (versi bukan syarat). Lalu klik File > New >. Name diisi dengan Latihan, Width 500 pixels dan Height 150 pixels. Resolution 72 pixels/inch. Klik OK

Hasilnya :

Lalu buatlah huruf dengan klik Horizontal Type Tool, dan klik pada Area kerja,
Ketik sebuah huruf CLICK HERE seperti contoh di bawah, dengan jenis Fonts Century725 Blk BT dan ukuran Fonts 60 px,

Buat Layer baru dengan klik Create a new layer,
Pada Layer Shape 1 masih aktif, buat sebuah kotak dengan cara klik kanan Rectangle Tool dan pilih Rounded Rectangle Tool, aktifkan Shape Layers. Lihat gambar :

Buat sebuah kotak seperti gambar di bawah :

Rubah warna kotak dengan klik Paint Bucket Tool,

Klik Set foreground color untuk setting warna yang diinginkan,

Tentukan warna, disini saya memilih sebuah warna dengan kode #7EC34F. Lalu klik OK

Klik pada bidang warna kotak yang mau dirubah jenis warnanya. Jika muncul peringatan seperti di bawah klik OK,
Hasilnya :
Lalu duplicat kotak ke arah samping kanan sebanyak sembilan kotak, dengan cara klik Move Tool dan arahkan kursor pada kotak serta tekan Alt pada keyboard, tahan dan geser kursor kesamping,

Hasilnya :

Selanjutnya buat huruf  http://onesetia82.wordpress.com/ (hanya contoh) dengan jenis Fonts Century725 Blk BT dan Size 24 px,

Klik menu Window > aktifkan Animation >

Tampilan Window Animation :
Setting Timer per-Slide Animasi dengan cara klik Selects frame delay time, dan pilih 0,5 lihat contoh di bawah :

Buat Duplicat Frame sebanyak 10 Frame dengan cara klik Duplicates selected frames,
Sekarang kita akan merubah Style Huruf CLICK HERE dengan efek animasi, aktifkan Frame nomor 1 dan aktifkan juga Layers Text CLICK HERE, lalu klik kanan pada Layers Text CLICK HERE dan pilih Blending Options, lihat gambar :
Centang pada Drop Shadow, Inner Glow, Stroke. Pada Styles Stroke rubah warna dengan kode #921111. Klik OK
Selanjutnya pada Frame nomor 2 lakukan hal yang sama, tapi pada Layers Style hanya centang Drop Shadow dan Stroke. Lakukan juga pada Frame nomor 3 seperti nomor 1, dan nomor 4 seperti nomor 2, begitu seterusnya.

Test dulu klik Plays animation,
Belum selesai teman-teman. Oke setelah sukses sampai tahap ini kita lanjutkan . . .
Klik pada Frame nomor 1 dan klik Indicates layer visibility dari mulai shape 1 sampai shape 1 copy 8 (hilangkan gambar mata). Ini berfungsi untuk menyembunyikan Layers. Frame nomor 1 layers yang tampil Text CLICK HERE dan Text http://onesetia82.wordpress.com/. Untuk Frame nomor 2 layers yang tampil Text CLICK HERE, Shape 1, dan Text http://onesetia82.wordpress.com/. Selanjutnya Frame nomor 3 layers yang tampil Text CLICK HERE, Shape 1, Shape 1 copy, dan Text http://onesetia82.wordpress.com/. Begitu seterusnya . . .
Sekarang rubah Styles Text http://onesetia82.wordpress.com/, dilakukan dengan cara aktifkan Frame nomor 2 dan klik kanan pada Layers Text http://onesetia82.wordpress.com/ pilih Blending Options dan centang Color Overlay. Lakukan hal yang sama pada Frame nomor : 4, 6, 8, 10 . . .
Sejauh ini mungkin teman-teman penasaran ingin melihat bagaimana hasil jerih payah teman-teman, boleh klik Plays animation . . . Jika merasa puas save hasil kerja teman-teman dengan cara Klik File > Save for Web & Devices . . .

Beri format GIF dan klik Save . . .

Ketik File Name, Save as type Images only (*gif). Klik Save . . .

Selesai . . . Share

0 komentar:

Posting Komentar